05/07/2017

Ciri Penyakit Maag Akut Dan Kronis

Ciri Penyakit Maag Akut Dan Kronis Memang Sangat Baik Untuk Diketahui. Sebab Maag Akut Dan Maag Kronis Ini Merupakan Perbedaan Tingkat Keparahan Pada Penyakit Maag Tersebut.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tentang apa itu maag akut dan maag kronis.

Penyakit maag adalah suatu penyakit yang terjadi pada saluran pencernaan dan banyak di alami oleh setiap masyarakat. Bahkan nama maag ini sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga setiap orang. Begitu juga dengan kata maag kronis dan maag akut. Ternyata kata kronis dan akut ini memiliki suatu perbedaan, apa perbedaan kedua jenis tersebut ?

Perlu kita ketahui dahulu bahwa sakit maag ini dapat menyerang siapa saja dan tidak memandang usia. Istilah bahasa maag ini dari Belanda yang memiliki arti Lambung. Menurut bahasa medis penyakit maag ini disebut Gastritis ( Peradangan Lambung ).

Beberapa kalangan bahwa penyakit maag ini bukanlah suatu penyakit yang serius, karena dapat sembuh dengan cepat setela diberikan obat. Akan tetapi ada juga sebagian orang yang menganggap bahwa sakit maag ini bisa mengakibatkan resiko yang cukup serius. Sebab sakit maag ini bisa berkembang lebih parah yaitu KRONIS. Sehingga banyak yang mengatakan sakit maag ini sangatlah mengganggu aktifitas sehari-hari dan sulit untuk melakukan kegiatan seperti biasanya.

Ciri Penyakit Maag Akut Dan Kronis

Ciri Penyakit Maag Akut Dan Kronis

Bagi anda yang saat ini belum mengetahui apa itu maag akut dan maag kronis. Yukk kita simak ulasan lainya sekarang juga dibawah ini.

Sakit maag akut merupakan suatu peradangan yang sering terjadi pada bagian dinding dalam lambung. Sifat dari maagk akut ini akan ditandai dengan kerusakan seperti pengikisan pada permukaan dinding lambung. Ingat sakit maag akut ini terjadi secara tiba-tiba dalam waktu yang singkat. Seseorang yang mengalami kejadian seperti ini yaitu maag akut akan merasakan sakit pada perut yang sangat tajam dan hebat, sehingga sulit untuk ditahan.

Sakit maag kronis merupakan suatu peradangan yang terjadi pada dinding lambung bagian dalam dengan bersifat kronis. Sehingga peradangab terjadi pada seluruh lapisan dinding lambung bagian dalam. Maag kronis ini adalah salah satu penyakit yang tingkat keparahanya cukup serius dan cukup lama untuk bisa sembuh, bahkan sering mengalami kambuh. Maag kronis ini bersifat lama dalam merusak lambungnya sehingga bisa menjadi lebih parah dan berbahaya.

Faktor Penyebab Sakit Maag Akut

Ada beberpaa faktor yang bisa mengakibatkan sakit maag ini menjadi akut dan parah. Diantaranya akibat penggunaan obat-obatan seperti Anti-inflamasi ( Non-Steroid, OAINS ), Mengkonsumsi minuma beralkohol, Mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas, Kebanyakan minuman yang mengandung kafein, Mengkonsumsi makanan dengan bumbu-bumbu yang terbuat dari zat kimia dan pola makan yang tidak teratur dengan baik. Faktor penyebab tersebut dapat mengiritasi permukaan lambung sehingga terjadi luka dan kondisi lambung menjadi parah.

Sakit maag akut juga biasanya muncul dengan gejala rasa sakit pada perut bagian atas ( Ulu Hati ), perut terasa kembung, mual dan muntah-muntah. Kejadian pada maag akut ini sangatlah penting untuk mewaspadainya agar selalu melakukan tindakan yang tepat. Apalagi kondisi maag tersebut sudah parah misalkan muntah darah dan tinja keluar dengan warna hitam. Kejadian seperti ini diakibatkan karena adanya pengikisan pada dinding lambung bagian dalam.

Sakit maag kronis bisa saja terjadi tanpa gejala yang berat, hanya saja keluhan-keluhan yang terjadi dirasakan secara berulang-ulang. Meskipun penyakit maag kronis ini terjadi tidak terlalu berbahaya, akan tetapi resiko yang berkembang oleh maag kronis ini sangatlah berdampak buruk. Sehingga bisa mengakibatkan tukak dan kanker lambung.

Inilah Penyebab Sakit Maag Kronis

  1. Kondisi penyakit maag yang tidak mendapatkan perawatan secara maksimal dan tidak tepat karena sering diabaikan.
  2. Sering mengkonsumi obat-obatan dalam jangka waktu yang panjang, sehingga mengakibatkan efek buruk bagi kesehatan lambung dan usus.
  3. Memiliki kebiasaan yang buruk seperti mengkonsumsi minuman beralkohol yang berlebihan dan menyebabkan nafsu makan hilang.
  4. Mempunyai riwayat penyakit tertentu seperti masalah pada ginjal.
  5. Riwayat akibat tukak yang disebabkan oleh infeksi bakteri H.pylori.

Maag kronis ini muncul secara bertahap dan perkembanganya itu bisa mengakibatkan resiko yang cukup serius. Oleh karena itu mari kita ketahui apa saja gejala yang sering terjadi kepada penderia sakit maag kronis, diantaranya :

  • Merasakan Sakit Pada Bagian Perut Atas

Sakit perut bagian atas merupakan kejadian yang sangat sering dialami oleh penderita sakit maag. Rasa sakit yang muncul tersebut terjadi seperti perih, melilit rasa tidak nyaman pada bagian lambung.

  • Kondisi Tubuh Akan Terasa Sangat Lemah

Seseorang yang menderita sakit maag kronis akan mengalami kondisi tubuh yang sangat lemah. Tubuh akan sulit sekali untuk beraktifitas karena merasakan sakit pada perut yang hebat. Apalagi kondisi seperti ini sangat sulit tubuh untuk menerima asupan makanan, sehingga kondisi tubuh menjadi lebih lemah.

  • Perut Terasa Kembung

Kondisi lambung terasa tidak nyaman dan kembung. Kejadian seperti ini biasanya diakibatkan oleh peradangan yang terjadi pada lambung. Apalagi kondisi lambung memiliki kadar asam yang terlalu tinggi, maka perut akan terasa kembung.

  • Mengalami Mual-Mual Dan Muntah

Kondisi sakit maag kronis biasanya sulit untuk mengkonsumsi makanan, karena efek dari maag kronis ini apabila di isi dengan makanan cepat terasa kenyang. Sehingga sering mengalami mual-mual, padahal itu merupakan efek dari maag kronis. Bisa juga mual dan muntah ini disebabkan oleh kada asam lambung yang cukup tinggi.

  • Sering Bersendawa

Ini adalah gejala yang sering terjadi kepada penderita sakit maag kronis. Sendawa secara terus-menerus padahal lambung tidak terisi makanan.

  • Berat Badan Menurun Drastis

Karena penderia maag kronis ini sulit untuk diasupan makanan maka berat badan menjadi turun. Dengan kurangnya asupan makanan kondisi lambung menjadi terganggu, sehingga terjadi pengikisan pada dinding lambung dan menyebabkan masalah lambung yang cukup serius.

Untuk anda yang saat ini mengalami kondisi sakit maag kronis, segera lakukan pengobatan secara intensif. Apalagi sudah tidak masuk makanan dan minuman sedikitpun, biasanya keadaan seperti itu harus dirawat di rumah sakit agar dibantu dengan infusan.

Itulah Ulasan Singkat Ciri Penyakit Maag Akut Dan Kronis

Ciri Penyakit Maag Akut Dan Kronis Ini Memang Sangatlah Penting Untuk Dikenali. Apabila Tidak Resiko Pada Penyakit Maag Ini Akan Menjadi Lebih Berbahaya Dan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan.

Mulai dari sekarang bagi anda yang saat ini telah menderita sakit maag, segera sembuhkan secara tuntas. Sebab sakit maag ini bisa menimbulkan resiko yang sangat berbahaya dan tidak boleh dianggap sepele. Meskipun sakit maag ini adalah penyakit yang sering dialami oleh semua masyarakat, akan tetapi sakit maag ini bisa membunuh penderitanya secara perlahan.

Perhatikan kesehatan lambung anda sekarang juga, jangan sampai sakit maag terus mengintai anda. Gunakan pengobatan yang tepat supaya bisa sembuh secara maksimal dan terhindar dari yang namanya efek samping.

Terima Kasih Kepada Anda Karena Telah Menyimak Artikel Dari Kami Mengenai Ciri Penyakit Maag Akut Dan Kronis. Kami Sangat Senang Sekali Apabila Artikel Ini Bermanfaat Untuk Kalian, Dan Di Sharekan Juga Kepada Saudara-Saudara Yang Lainya.


By page : Obat Asam Lambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *